Pages

Minggu, 10 Juli 2011

Terapi shalat dari sudut ROH..





Kita harus tahu apa maksud setiap pergerakaan dalam shalat...

- BERDIRI TEGAK..

Berdiri melambangkan peringatan akan dasyatnya saat berdiri dihadapan Allah swt dihari kebangkitan ketika akan diminta pertanggung jawaban atas segala yang telah kita lakukan sewaktu hidup didunia...

- TAKBIR..

Mengangkat tangan merupakan isyarat dimana selamat tinggal dunia...menyerah dan pasrah kepada Allah yang maha besar..
ketika melafazkan ''ALLAHUAKBAR''..disitulah terputusnya hubungan kita dengan dunia..dan disaat itu kita hanya berhubungan degan Allah..membesarkan Allah..dan mengagungkan nama Allah...

- MEMBACA AL-FATIHAH..

Al-fatihah adalah kata kata munajat dengan Allah swt...dengan Allah kita berbicara..
''Telah berfirman Allah swt..Aku membagi shalat itu antara Aku dan hamba-Ku..dan bagi hamba-Ku..apa yang dimintanya''..
begitu mulianya diri kita karena menjadi sebutan Allah swt..dan mendapat penghormatan dari Allah bila kita membaca Al-fatihah..

- RUKUK..

Rukuk melambangkan kehinaan diri..dan mengakui kerendahan diri kepada Allah swt..jiwa orang beriman senantiasa mengakui kebesaran Allah dalam shalatnya..

- IKTIDAL..

Ketika bangun dari rukuk untuk iktidal..adalah mengharapan supaya Allah swt mengasihi kita..harapan tersebut kita nyatakan melalui ucapan kita waktu iktidal dan thu'maninah..

- SUJUD...

Sujud adalah suatu tingkatan kedudukan dan kepasrahan paling mendalam dengan membiarkan anggota tubuh paling mulia (wajah) itu..menyentuh tanah/tempat yang kita pijak..menginsyafkan diri bahwa kita asalnya dari tanah dan melalui tanah juga kita akan dikembalikan kepada Allah swt..

- DUDUK ANTARA DUA SUJUD..

Maksudnya kita bersimpuh kepada Allah swt yang maha pemurah dengan hanya satu tujuan..yaitu memohon ampunan..memohon rahmat..memohon hidayah dan rezeki kepada Allah..ketika itulah mengharapkan akan rahmat ampunan dari Allah swt..

- DUDUK TAHIYAT AKHIR..

Duduk dan membaca Tasyahud adalah mengakui segala kehormatan dan segala sesuatu yang baik adalah milik Allah..dan didalam tasyahud terdapat ucapan salam yaitu kepada nabi dan disertai pula rahmat Allah dan berkah-Nya...

- MEMBERI SALAM..

Memberi salam adalah sebagai tanda selesainya bermunajat kepada Allah swt..sebagai tanda selesainya shalat kita..
tujukanlah ucapan salam kepada malaikat..bersyukur kepada Allah swt atas taufiqnya karena kita dapat menyelesaikan shalat kita..


''JANGAN PERNAH MENINGGALKAN SHALAT''

Tidak ada komentar:

Posting Komentar